Ikuti dengan Email

Sosialisasi APP dan Temu Pendamping PIA & PIR se-Kevikepan DIY


Komisi Karya Misioner (KKM) Kevikepan Daerah Istimewa Yogyakarta mengadakan sosialisasi APP dan temu pendamping se-kevikepan DIY pada hari Sabtu, 19 Januari 2019 sampai 20 Januari 2019 yang lalu di Wisma Santi Dharma, Godean. Pada pertemuan ini, kami para pendamping PIA dan PIR juga diperkenalkan dengan para pengurus baru yang mewakili kami di Kevikepan untuk masa periode 2019-2021.

Pada hari pertama, acara dibuka dengan bernyanyi dan melakukan permainan-permainan untuk mencairkan susasana. Selanjutnya, acara diisi dengan pemaparan program dari kak Yudistira selaku ketua pengurus KKM yang berfokus pada penguatan pendampingan anak dan remaja. Dalam penguatan pendampingan anak dan remaja ini, para pendamping mendapatkan ruang belajar bersama untuk penguatan iman, pemahaman, dan keterampilan dalam pendampingan melalui: kegiatan sosialisasi APP; kumpul bareng pendamping; rekoleksi dan refleksi; serta kepanitiaan kegiatan anak dan remaja. 

Dalam salah satu program yang dipaparkan, ada SOMA (School Of Missionary Animators) Keuskupan Agung Semarang 2019-2021 dengan tema “Remaja KAS Bintang Peradaban Kasih.” SOMA ini bertujuan sebagai satu langkah kaderisasi remaja Katolik, upaya untuk menemukan, membekali dan mengembangkan kemampuan remaja Katolik menjadi “rasul-rasul muda” pembawa warta injil masa kini. Karena rentang waktu pelaksanaan SOMA ini diharapkan  ditahun 2021, KAS memiliki kader remaja Katolik yang mampu menjadi penggerak missioner, dimulai di level paoki masing-masing.

Setelah pemaparan program dari pengurus KKM, acara dilanjutkan dengan kumpul per Rayon. Di rayon Kulon Progo, ada 4 perwakilan paroki yang hadir, yaitu Wates, Nanggulan, Promasan, Pelem Dukuh.  Dalam kegiatan ini, kami didampingi oleh kak Yohana dan kak Reny untuk merencanakan program yang akan kami lakukan dalam lingkup satu Rayon. Program ini diharapakan dapat menghidupkan kembali semangat anak-anak PIA dan PIR dalam lingkup satu Rayon. Sehingga, diharapkan nantinya semangat tersebut juga akan berkembang dan lingkup yang lebih besar.

Setelah acara kumpul per rayon selesai, masuklah ke acara energizer. Dalam acara ini kami lebih banyak diajak oleh Pak Gemak untuk melakukan permainan-permainan yang bermakna dan menggugah semangat kami dalam melakukan pendampingan nantinya. Kami juga pendapah sharing dari Pak Cawu yang juga merupakan pendamping SOMA periode sebelumnya. 

Hari kedua kami diberikan sosialisasi mengenai APP tahun 2019. Setelah penjelasan selesai kami praktik untuk membuat media-media yang digunakan dalam APP bagi PIA dan PIR sebagai bekal agar bisa dikembangkan di paroki masing-masing. Setelah selesai, acara ditutup dengan ekaristi di kapel yang dipimpin oleh Romo Nugroho, Pr. Dalam ekaristi tersebut, kami juga sempat disapa dengan moderator KKM yang baru, yaitu Romo Andri, Pr. 
(oleh : Martina Yuni A. R) 

3 comments: