Ikuti dengan Email

Bersinergi dan Berjejaring melalui JAMBORE KOMSOS #1




Sejumlah pengurus KOMSOS Kevikepan DIY mengadakan acara yang bernama "JAMBORE KOMSOS #1" dengan tema "Bertransformasi dalam Pewartaan". Kegiatan ini diadakan di Wisma Salam pada tanggal 15-16 Februari 2020. Peserta yang hadir berasal dari berbagai paroki dan dibatasi maksimal 3 orang tiap paroki. Kegiatan ini adalah yang pertama diadakan.


Di hari pertama acara dimulai pukul 17.00 sampai 22.00. Kegiatan dibuka oleh Fransiskus selaku ketua panitia dan dilanjutkan oleh Agustinus Suseno selaku wakil ketua KOMSOS DIY. Dimalam itu ada 2 sesi materi yang diawali oleh Romo Wito. Romo Wito sebagai ketua Komisi KOMSOS KAS menyampaikan banyak hal yang dalam garis bersarnya adalah "Apa Itu Komsos?". Walaupun hanya melihat Romo Wito dari layar karena beliau sedang ada tugas di Padang. Selanjutnya ada perwakilan dari KOMSOS KAS yaitu Fx. Wasdi Encep atau yang sering disebut abah dan Sunbhio Pratama yang akrab dipanggil Mas Bhio. Disana dijelaskan tentang apa itu KOMSOS, awal mula KOMSOS berasal, cara-cara bijak menggunakan media, dan masih banyak lagi. Mas Bhio juga menyampaikan 3 hal penting dalam KOMSOS yaitu Sustain Ability, Resiliensi, Road Maps. Ada juga film yang ditontonkan antara lain INDIKOS (Ini Diary Komsos), Belajar dari Budi Pekerti, dan Dul Nyumbang. Selesai sesi materi dilanjutkan dengan dinamika kelompok. Berbagai permainan disajikan pada malam itu. Semua tampak menikmati acra tersebut. Selesai permainan dilanjutkan dengan sharing antar anggota kelompok. Keluhan, suka duka, tantangan bersatu padu dan dipecahkan dalam kelompok itu. Tantangan yang ada misalkan regenerasi, alat yang kurang memadai, sumber daya manusia, konten, dan mungkin masih adalagi. Sesudah sharing panitia membebaskan peserta untuk kegiatan selanjutnya.



Dihari kedua JABORE KOMSOS #1 diawali dengan makan pagi bersama. Setelah itu ada beberapa teman-teman dari Komisi Kepemudaan yang berjumlah sekitar 8 orang. Mereka yang akan mendampingi dalam outbound dan sebelumnya peserta diajak untuk menari dan bernyanyi bersama. Setelah itu dibagi menjadi 6 kelompok dan melaksanakan outbound diluar ruangan. Selesai outbound dari pihak komisi kepemimpinan menyampaikan beberapa hal antara lain makna yang dapat kita ambil dari outbound yang sudah dilalui seperti kesetiaan, kepekaan, konsisten, sabar, step by step dan tentunya masih banyak lagi.



Acara yang selanjutnya adalah bersiap-siap untuk misa yang di pimpin oleh Romo Lukas Ivan Sanjaya, Pr. Misa diadakan di Kapel Batu. Acara belum selesai. Masih ada evaluasi sebagai hal  paling utama. Evaluasi ini untuk memecahkan pertanyaan-pertanyaan serta tantangan-tantangan yang dihadapi oleh teman-teman KOMSOS. "Bersinergi dan Berjejaring" adalah pesan dari Romo Ivan untuk para peserta. Ada juga doorprise yang berupa buku-buku dari Pohon Cahaya. Kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama.

@luciadevi25
Galeri foto klik disini

No comments:

Post a Comment