Header Ads

test

Pojok Forbos vol 5 : Kekudusan Itu Dimulai dari Hal- Hal Kecil dan Sederhana


KEKUDUSAN ITU DIMULAI DARI HAL-HAL KECIL DAN SEDERHANA

   "Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar.  (Luk 16:10)

   Dalam hal ini , tentang kekudusan , atau dalam ilustrasi di sebut kegerejaan janganlah kita berpikir bahwa hal itu adalah sesuatu yang terlalu tinggi yang tidak dapat diraih. Sebab, menurut Santa Teresia Kanak-kanak Yesus, kekudusan berawal dari hal-hal kecil dan sederhana yang dilakukan dengan motif kasih yang besar kepada Tuhan, karena “perbuatan kasih adalah jalan utama yang memimpin kita kepada Tuhan.” ((St. Therese of Lisieux,The Story of a Soul, The Autobiography of St. Therese of Lisieux)).  
Contohnya, kita dapat bangun tidur lebih awal 10 menit untuk berdoa, kita dapat menyapa anggota keluarga, tetangga  dengan tersenyum, atau membantu membuang sampah pada tempatnya di rumah atau di tempat kerja, seperti dalam ilustrasi di atas ikut dalam kegiatan kerja bakti bersih-bersih dll 
  Singkatnya, dalam keseharian kita,kita menyadari akan kehadiran Tuhan, sehingga kita berusaha untuk menyenangkan hati-Nya dengan setiap "perkataan dan perbuatan kita. Dimulai dari hal-hal kecil inilah, kemudian kita dibentuk oleh Kristus untuk menjadi semakin serupa dengan-Nya, yaitu mengikuti kerendahan hati-Nya dengan memikul salib kita sehari-hari, supaya kita dapat turut serta dalam kemuliaan-Nya (1 Pet 4: 13, LG 41)

Sumber : komsospd,katolisitas.org.
ilustrasi : lukasdanero

2 comments: