Header Ads

test

Rekoleksi Misdinar Domenico Savio


“Berani Tumbuh dan Peka Terhadap Panggilan Tuhan Masa Kini” merupakan tema pelatihan dan rekoleksi Misdinar Domenico Savio Pelem Dukuh yang diadakan di Gereja Pelem Dukuh Minggu, 14 Januari 2018. Rekoleksi dimulai jam 10.00 WIB dan berakhir pukul 15.30 WIB.

Pada rekoleksi kali ini panitia mengundang pembicara Fr. Agustinus Wahyu Dwi Anggoro dari kongergasi SJ (Serikat Jesuit) yang merupakan putra daerah paroki Santa Maria Fatima Pelem Dukuh. Rekoleksi misdinar di bagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama adalah pelatihan ditekankan bahwa pentingnya mengetahui berbagai alat alat penting yg harus ada saat misa agar tidak salah dalam mengambilkan alat2 dan tidak bingung. Dalam rekoleksi ini juga diajarkan untuk mengenali warna-warna liturgi pada masa-masa tertentu, misalya warna putih saat paskah, merah saat jumat agung, dan ungu saat adven. Pada sesi ini berlangsung seru karena bukan hanya gambar saja yang ditunjukan namun barang aslinya, serta penjabaran singkat dan jelas yang membuat banyak pertanyaan yang diajukan kepada Frater. 

Sesi kedua di isi dengan acara rekoleksi dan di selingi dengan menonton film yang berjudul “Evan Almighty” yang mengambarkan cerita seseorang membuat sebuah kapal untuk menyelamatkan binatang dan manusia dari banjir. Banyak pelajaran yang diambil dari film “Evan Almighty” antara lain kepercayaan kepada Tuhan terkadang terasa kabur atau sering kali kita tidak tahu maksud-Nya karena kita sering terlena oleh kenikmatan duniawi baik materi maupun tahta. Namun panggilan Tuhan selalu hadir dan terus hadir untuk mengingatkan. Dalam menjalankan panggilan sebagai misdinar kita pun  harus ikhlas dan menjalankan sepenuh hati walau banyak godaan yang hadir menggangu.

Sesi ketiga Frater menekankan kesetiaan dan keteguhan St Tarsisius yang rela mati untuk menjaga  kesucian dari komuni. Dia dilempari batu oleh teman-temannya yang ingin merampas komuni suci hingga Ia menemui ajalnya. Diharapkan misdinar Domenico Savio Pelem Dukuh bisa meneladani kisah hidup St Tarsisius dalam menjalankan tugas misdinar.
Harapan dengan diadakannya rekoleksi misdinar Domenico Savio yang telah berjalan setiap tahunnya, sebagai anggota misdinar harus mempunyai kepekaan serta semangat dalam melayani, namun tidak hanya melayani Tuhan karena tugas semata, tetapi diharapkan setiap misdinar memahami dan mengetahui pentingnya melayani Tuhan sepenuh hati.

 

FOTO-FOTO SELENGKAPNYA >>>>>

No comments