Header Ads

test

Sarasehan Keluarga


Salah satu rangkaian acara hari jadi ke 4 Paroki Santa Maria Fatima Pelem Dukuh adalah "sarasehan kebangsaan" yag diselnggarakan oleh Bidang Paguyuban dan persaudaraan dan Bidang Pewartaan (Tim Kerja  Pendamping Keluarga dan Tim Kerja Evanjelisasi Baru) pada hari Kamis 21/12/17 di Gerja Paroki.

Tema yang diusung dalam sarasehan ini adalah "Mewariskan Iman Kristiani dalam Keluarga dengan Meneladan Keluarga Kudus Nasaret". Pemikiran dasar mengambil tema ini karena dijaman modern ini dunia banyak memberikan kemudahan bagi kita,  tapi tidak bisa dipungkiri bahwa banyak juga tantangan yang timbul bagi para orang tua untuk mewariskan nilai-nilai kristiani. 

Dalam sambutannya Bp. Thomas Tukijo menyampaikan harapannya untuk Paroki Pelem Dukuh bisa semakin maju dan berkembang dan umat memiliki iman yang semakin teguh dan dalam. Terinspirasi tentang Kerajaan Surga yang diumpamakan biji sesawi yang kecil namun bisa tumbuh menjadi pohon yang besar, sehingga bayak burung yang bersarang di rantingnya. hal ini menggambarkan Gereja Pelem Dukuh yang kecil semoga dapat berkembang menjadi Gereja yang besar, umat dari luar Paroki bayak yang datang ke Pelem Dukuh untuk memohon berkat dari Tuhan. Sebagai orang tua kita mempunyai kewajiban mewariskan nilai-nilai kristianii kepada anak dan cucu kita, karena di jaman yang modern ini bayak kesulitan dan tantangan dalam mewariskan nilai-nilai kristiani, untuk itu bimbingan dari para Suster Gembala Baik sangat diharapkan dapat memberikan bekal kepada para orang tua.

Bimbingan dari Suster Gembala Baik di wakili oleh Sr Flora Rgs dan Sr Tariana Rgs. Pertemuan diadakan dalam dua sesi, sesi pemaparan dan sesi sharing dan tanya jawab. Dalam penjelasannya, Suster Ana menjelaskan tantangan keluarga saat ini antara lain adalah dampak kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yaitu handphone. Anggota keluarga sibuk dengan HP masing-masing dan tidak saling memperhatikan, bahkan komunikasi atara orang tua dan anak menggunakan handphone bukannya berbicara secara langsung. Selain itu ada juga kekerasan dalam rumah tangga, oleh sebab itu para orang tua dihimbau agar saling pedui dan tangguh dalam hidup dan mengimani Kristus ditengah tawaran/tantangan hidup jaman sekarang yang serba modern agar pasutri katolik dapat menularkan iman kita kepada anak-anak kita.

No comments