Header Ads

test

Minggu Ceria PIA



Setelah selesai misa mingguan masih terdengar alunan lagu yang dinyanyikan dengan riang gembira, dengan suara khas anak-anak…ternyata PIA punya “gawe”. Hari ini tgl 19 November 2017 para pendamping PIA Gereja Pelem Dukuh berkolabrasi dengan OMK Don Bosco mengadakan kegiatan dalam bentuk dinamika kelompok dan renungan untuk anak-anak PIA. 
Pada awalnya kegiatan ini akan dilaksanakan bulan Oktober dan bentuk kegiatannya adalah ziarah ke Gua Maria, namun karena ada banyak kedala acara ini kemudian dirancang dalam bentuk outbond dan ziarah lokal ke Goa Maria Lawangsih. Mengingat November sudah musim penghujan dan dengan banyak pertimbagan outbond PIA ini kemudian diubah menjadi dinamika kelompok dan renungan dipandu oleh OMK Don Bosco.
Pada waktu-waktu yang lalu PIA sudah sering memiiki kegiatan keluar bersama-sama namun hanya sebagai peserta, dimana kegiatan tersebut diselenggarakan oleh pihak luar Gereja Pelem Dukuh, berpijak dari hal inilah Mba Yanti sebagai pendamping PIA, berkeinginan membuat acara sendiri untuk membuat anak-anak PIA lebih senag, semangat dan guyub dalam kehidupan menggereja.


Peserta acara ini adalah kelas 4 SD ke bawah, dan jumlah yang hadir dalam acara ini ± 37 orang. Acara dibuka dengan pertemuan rutin mingguan PIA dipandu oleh Pendamping PIA dan dilanjutkan dinamika kelompok yang dipandu oleh OMK. Dinamika kelompok diawali dengan menyanyi bersama dengan gerakan-gerakan yang di contohkan video dan kakak-kakak OMK. Selanjutnya peserta dibagi menjadi 7 kelompok. 1 kelompok kelas TK kebawah dan 6 kelompok campuran yang terdir dari 4 - 5 orang.

Kelompok TK didampingi Mas Jalu mewarnai gambar, mengingat mereka masih terlalu kecil untuk berdinamika kelompok, sedangkan 6 kelompok lainnya masing-masing didampingi oleh 1 kakak OMK bermain games secara bergantian sesuai pos-pos yang sudah disiapkan. Dalam satu pos akan ada 2 kelompok yang main secara bersamaan untuk ditandingkan.
Pos 1 : Memasukkan pensil kedalam botol

Pos 2 : Estafet bola menggunakan centong sayur

Pos 3 : Estafet karet gelang menggunakan sedotan

Games ditutup dengan permainan dalam kelompok besar, yaitu permainan “apakah engkau mengasihi aku”.

Acara dilanjutkan dengan makan siang dan renungan. Pada renungan ini anak-anak diajak untuk menyadari kenakalan-kenakalan yang biasa mereka lakukan yang membuat orang tua mereka sedih, mengajak anak-anak untuk menyadari betapa besar kasih sayang orang tua terhadap mereka, dan mengajak mereka untuk berterimakasih dan mendoakan orang tua masing-masing….Sangat menyentuh dan mengharukan karena beberapa diantara anak-anak ini sampai menangis tersedu-sedu mengikuti renungan singkat ini. Yessss sukses membuat anak orang menagis….
Acara ditutup dengan nyanyian dan pembagian bingkisan…..Sayonaraaaa…

No comments