Header Ads

test

Homili Romo Modestus Supriyanta dalam misa mingguan di goa maria lawangsih tgl 28 mei 2017


"Tentang mempermuliakan Tuhan"

"Saudara-saudara sekalian dari manapun juga ,selamat siang ... berkah dalem ... sugeng paskah "

Romo Modestus supriyanta yang biasa akrab di panggil romo supri mengawali homilinya dengan mengucapkan selamat paskah ,meskipun sudah 40 hari dari minggu paskah namun masih dalam masa paskah sehingga masih wajar mengucapkan paskah pada minggu ini ,"Sabda Tuhan hari ini sangat indah ,Yesus berdoa kepada Tuhan ,mendoakan para muridnya .Yesus memohon pada Bapanya 'Bapa sudah tiba saatnya permuliakanlah AnakMu supaya Anakmu mempermuliakan Engkau ' tentu ini dalam kontek mengajari murid-muridnya dan memberi teladan .. murid-murid di ajak serta untuk bagaimana agar selalu mempermuliakan Tuhan.
Mempermuliakan Tuhan tidak harus berteriak-teriak menyebut nama Tuhan ,apalagi di sertai arogansi,perusakan yang berlebihan ... " opo faedahe??" ...( apa manfaatnya? tidak ada) seringkali orang menganggap asal sudah menyebut nama Tuhan dengan keras maka sudah merasa mempermuliakan Tuhan,mempermuliakan tuhan juga tidak cukup dengan ungkapan,pujian dan nyanyian .

Tuhan berkehendak saling mengasihi , mengampuni dan menghargai setiap ciptaanNya , namun yang terjadi dalam kehidupan sekarang kebanyakan kebalikanya , saling membenci balas denda,saling menghujat dll .. tidak usah jauh-jauh ke jakarta tapi di dekat kita saja , kita bisa becermin pada keluarga kita masing-masing .Untuk itulah .. kita melakukan kehendak Tuhan adalah sama dengan mempermuliakan Tuhan .. disinilah posisi kita umat di keuskupan agung semarang ,meMpunyai cita-cita menjadikan gereja yang merengkuh siapa saja bukan gereja yang eksklusif tapi gereja yang merangkul , memelihara ,tergerak bagi siapa saja.Artinya dengan kita melakukan kehendak Bapa seperti Yesus mempermuliakan Bapa maka kitapun demikian.mempermuliakan Tuhan juga ditunjukkan oleh Bunda Maria ketika mengunjungi elisabet dengan memuji Tuhan dengan kerendahan hati bahwa yang terjadi ini karena kehendak Tuhan bukan kehendak Maria pribadi ..di masa sekarang ini banyak sekali persaingan dan hal-hal semacamnya yang kadang melewati batas .. sampai bisa di ibaratkan pepatah jawa " segawon gede menang jegogke".

Pada tanggal 28 mei ini merupakan hari komunikasi sosial sedunia , Bapa suci berpesan " jangan takut ,Aku besertamu ,komunikasikan iman dan harapan"
mempermuliakan Tuhan juga bisa di wujudkan lewat komunikasi , komunikasi yang bemakana kedekatan ... semakin mendekatkan ,yang jauh menjadi dekat yang dekat semakin dekat.makab erkomunikasi yang baik termasuk mempermuliakan Tuhan .dalam komunikasi sosial yang terjadi sekarang ini bnyak sekali berita-berita tidak baik , berita-berita negatif yang mendominasi di media .. berita bohong/hoak marak sekali , sebagai umat gereja ... menyajikan informasi yang baik-baik , positif ,lurus itu juga temasuk dalam memuliakan Tuhan .

Sekarang ini banyak berita yang membuat takut banyak berita yang tidak mebawa nafas persekutuan dan persaudaraan terutama akhir-akhi ini seolah-olah jarang mendengar kata-kata persaudaraan,persekutuan,multi,kebinekaan ... namun kita sebagai umat gereja sudah tidak perlu khawatir karena gereja sudah nyata dalam hal ini , kalau bisa mengamalkan seperti dalam gerja maka sudah luar biasa karena gereja terdiri dari keanekaragaman dan kemajemukan yang di ikat dalam satu tubuh dan Yesus sendiri menjadi kepalanya dan kita ini anggota tubuhNYA,tidak ada anggota tubuh yang tidak berguna semua punya fungsi sendiri-sendiri.pada hari ini Yesus mengajak kita mempermuliakan Tuhan dengan melakukan kehendakNya seperti dalam bacaan injil di atas dan dengan "kebersamaan kita yang damai" kita di ajak untuk mengkomunikan harapan dan iman kita agar semua menjadi damai , menyebakan berita-berita yang baik , saling menghargai , saling mengasihi dan mengajak siapa saja tanpa membeda-bedakan mengkomunikasikan harapan dan iman dan untuk mempermuliakan Tuhan .

No comments